Makanan Bangsawan VS Radikal Bebas

Olo!
Selamat berpuasa, kawan!

Puasa-puasa gini enaknya bahas makanan, tapi ga sembarang makanan yang bikin detoksifikasi kita sebulan ini sia-sia. Aku akan bahas tentang makanan favoritku yang terbaru yang sering disebut makanan bangsawan. Zaman Cina kuno, makanan ini hanya dinikmati oleh bangsawan, karena citarasanya yang lebih nikmat, pulen, dan wangi dibanding teman sejenisnya, serta kaya nutrisi. Selain itu, makanan ini juga memiliki umur panen yang panjang, 5 bulan.

Sudah bisa menebak makanan apa yang aku maksud? Aku kasih clue berikutnya, manfaat dari makanan ini: Mengandung antisianin dan antioksidan yang tinggi untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas adalah atom atau molekul yang menyerang tubuh kita. Radikal bebas ini bersifat aktif dan ga stabil, anggap aja seperti ABG yang labil gitu... ;)
Karena ga stabil, radikal bebas mengambil elektron dari molekul lain yang menyebabkan molekul tersebut kehilangan elektronnya dan menjadi ga stabil sehingga mengambil elektron dari molekul lain. Ujung-ujungnya, jadi berantai deh. Gali lobang, tutup lobang. Siapa yang jadi korban? Sel dalam tubuh! Radikal bebas membuat sel mati. Hiks... 

Sumber radikal bebas seringnya ga kita sadari lho... Ini sumber-sumber radikal bebas yang sangat sering kita temui:

  1. Makanan tidak sehat, berlemak, digoreng, dan hangus (seperti kepingan hitam pada sate atau ikan/ayam bakar)
  2. Minuman beralkohol dan rokok! Sebatang rokok mampu melepaskan 3 triliun radikal bebas ke dalam aliran darah. >.<
  3. Bahan kimia seperti racun serangga
  4. Sinar UV

Bahayanya radikal bebas itu apa sih?

  1. Mempercepat proses penuaan (inget, penuaan! Bukan pendewasaan)
  2. Meningkatkan resiko penyakit jantung, stroke, kencing manis, arthtritis, dan kanker

Menyeramkan? BANGET! Hiii... Karena itu antisianin dan antioksidan dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas ini. Untungnya, makanan ini memiliki kandungan kedua hal di atas yang tinggi, melebihi blueberry dan blackberry.


BERAS HITAM
Beras hitam
Itu dia makanan yang aku maksud dari tadi. Beras hitam memiliki manfaat dan gizi yang lebih baik dari beras merah, apalagi beras putih. Harganya memang lebih mahal dibanding kedua beras itu, tapi mengingat manfaatnya, cocoklah... :D

Aku baru mulai mengkonsumsi beras hitam ini sejak puasa. Itu juga karena Ibu dikasih oleh muridnya. Kalau ga ada kiriman, mungkin aku ga tertarik untuk mencoba beras ini. Mahal, kawan! Aku ga tau kontaknya, ga nanya juga sama Ibu, tapi kalau ada yang berminat untuk membeli beras hitam ini, bisa coba ke sini.

Stay healthy,
M

Komentar

Postingan Populer